PDA

View Full Version : baru aja - airsoft di sita oleh patwal



grayfoxx
07-19-2010, 09:52 AM
ada yang baca berita di koran tempo hari ini?

kemarin jam 05.00 WIB, mobil minibus di tol dalkot arah cililitan menuju semanggi di stop patwal
di sita 4 unit ersop, SCORPIO? dan sniper

alasan di stop karena melaju dgn kencang dan ada karung di jok belakang(mencurigakan buat si patwal)
pengendara asal kalimantan tp plat nya sih B 8441 xx


kira2 kenapa smp di stop ya, padahal unit di karungin,
apa nyetirnya kenceng bgt, begitu liat patwal jd parno ya??

truelotus
07-19-2010, 10:00 AM
hmmmm ... memang ada pelanggaran apaan seh kok pake sita sita segala ??

kasian dong bapak yang jual piso dapur ... tuh tiap pagi lewat di komplek sambil dipikul ... :mrgreen:

m61a1
07-19-2010, 10:25 AM
mungkin dalam rangka operasi patuh jaya ya...cuma kok ya kelihatan tuh karung pada jam 5...jangan, jangan naronya di atap pake roof rack :mrgreen:

Aan aboed
07-19-2010, 10:42 AM
Berarti yang sang supir ga tau kalo yang didalem karung itu maenan..... :lol:
Lagian kenapa disita ya? Mungkin gara-gara ngebut tuh.... jadinya patwal berfikir kalo itu maenan mo dipake buat kegiatan yang gak bener.

wadasgempal
07-19-2010, 10:49 AM
sepertinya gaya nyupirnya "slenge'an", dah gituw dipereksa ada "gituan" , kena dah jadi kasus.....
nasib...nasib....

grayfoxx
07-19-2010, 11:11 AM
hmmmm ... memang ada pelanggaran apaan seh kok pake sita sita segala ??

kasian dong bapak yang jual piso dapur ... tuh tiap pagi lewat di komplek sambil dipikul ... :mrgreen:

mgk kl jualannya sambil lari2 bisa di tangkap hansip krn mencurigakan hehehe :mrgreen:

Aan aboed
07-19-2010, 11:51 AM
Beritanya yang ini ya?
Udah dibahas juga di viewtopic.php?f=88&t=15239&st=14&sk=t&sd=a&start=90 (http://www.bursa-airsoft.com/viewtopic.php?f=88&t=15239&st=14&sk=t&sd=a&start=90).



Bawa ******* Airsoftgun, Warga Kaltim Diamankan Petugas
18-07-2010 07:17:28

http://lantas.metro.polri.go.id/news/img_news.php?file=imageinformasi4c424af2e677d.JPG

Dharma Julia Ardiansyah (34) warga Tanah Grogot, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur, diamankan petugas PJR bernomor punggung 960 dan 912 karena kedapatan membawa empat pucuk ******* model Sorpio dan Sniper yang merupakan ’’airsoftgun’’ (senapan angin), Sabtu (18/07) sekitar pukul 05.00 WIB dini hari.

Saat ditangkap, petugas PJR bernomor punggung 960 mencurigai kendaraan Kijang warna biru yang melintas di sekitar gerbang tol Cililitan menuju ke Semanggi yang dengan kecepatan tinggi. Petugas langsung melakukan pengejaran karena melihat adanya karung di jok belakang mobil bernomor polisi B 8441 LT itu.

Setelah melakukan pengejaran cukup lama, sesampai di pintu keluar gerbang tol Pancoran, petugas dapat memberhentikan kendaraan Kijang dan melakukan pemeriksaan.

Bripka Agus Supriyanto selaku petugas PJR 960 mengatakan, Saat diperiksa, pria pemilik ******* yang menyerupai ******* asli tersebut, tidak dapat menunjukkan bukti-bukti kepemilikannya.

“Kami baru sadar bahwa kepemilikan ******* ini diatur dalam Undang-undang. Namun pemiliknya tetap diamankan dan dibawa ke Mako Polda Metro Jaya” ujarnya.

“Membawa ******* ini juga harus dengan surat ijin” tambahnya.

Mengingat akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka Perwira Siaga TMC AKP Sunarto yang mendapatkan pelaporan dari anggota PJR tersebut langsung mengarahkan untuk segera membuat laporan polisi di SPK agar dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (Wim)

sumber : http://bit.ly/9Iu7BU

truelotus
07-19-2010, 12:01 PM
Bripka Agus Supriyanto selaku petugas PJR 960 mengatakan, Saat diperiksa, pria pemilik unit yang menyerupai unit asli tersebut, tidak dapat menunjukkan bukti-bukti kepemilikannya.

“Kami baru sadar bahwa kepemilikan unit ini diatur dalam Undang-undang. Namun pemiliknya tetap diamankan dan dibawa ke Mako Polda Metro Jaya” ujarnya.

“Membawa unit ini juga harus dengan surat ijin” tambahnya.

Mengingat akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka Perwira Siaga TMC AKP Sunarto yang mendapatkan pelaporan dari anggota PJR tersebut langsung mengarahkan untuk segera membuat laporan polisi di SPK agar dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (Wim)

sumber : http://bit.ly/9Iu7BU



baru tau kalo diatur undang2 ... undang2 apa yah ??

surat ijin apaan lage ??

membahayakan jiwa ? lebih bahaya dagangan si abah yang juwal piso ... :mrgreen:
trus

Aan aboed
07-19-2010, 12:13 PM
Bripka Agus Supriyanto selaku petugas PJR 960 mengatakan, Saat diperiksa, pria pemilik unit yang menyerupai unit asli tersebut, tidak dapat menunjukkan bukti-bukti kepemilikannya.

“Kami baru sadar bahwa kepemilikan unit ini diatur dalam Undang-undang. Namun pemiliknya tetap diamankan dan dibawa ke Mako Polda Metro Jaya” ujarnya.

“Membawa unit ini juga harus dengan surat ijin” tambahnya.

Mengingat akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka Perwira Siaga TMC AKP Sunarto yang mendapatkan pelaporan dari anggota PJR tersebut langsung mengarahkan untuk segera membuat laporan polisi di SPK agar dilakukan penyelidikan lebih lanjut. (Wim)

sumber : http://bit.ly/9Iu7BU



baru tau kalo diatur undang2 ... undang2 apa yah ??

surat ijin apaan lage ??

membahayakan jiwa ? lebih bahaya dagangan si abah yang juwal piso ... :mrgreen:
trus

Perlu juga dilaporin ke om anthon medan..... :think:

m61a1
07-19-2010, 02:43 PM
“Membawa unit ini juga harus dengan surat ijin”
Dari siapa...? Ndan intelkam aja ketawa diminta bikin surat kok buat mainan :mrgreen:


Setelah melakukan pengejaran cukup lama, sesampai di pintu keluar gerbang tol Pancoran, petugas dapat memberhentikan kendaraan Kijang dan melakukan pemeriksaan.

pemiliknya tetap diamankan dan dibawa ke Mako Polda Metro Jaya

penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang
Jangan-jangan ini rampok yang pake ersop itu lho.... :angry-screaming:

truelotus
07-19-2010, 03:59 PM
weh ... kalo rampok mah memang kudu disikat abis ... gw dukung tuhhhhhh !! :mrgreen:

tatsumaki
07-19-2010, 05:03 PM
airsoft gun dibilang unit angin???apa skrg airsoft gun disamakan s*n*p*n angin??padahal lebih bahaya s*n*p*n angin tp klo ktauan polisi malah gpp yg 4.5mm

abogards
07-19-2010, 05:08 PM
wuah kalo ane sih gak iklas kalo aegnya disita...ama polkis, bisa2 bikin rusak citra AEG.....

m61a1
07-19-2010, 06:11 PM
airsoft gun dibilang unit angin???apa skrg airsoft gun disamakan s*n*p*n angin??padahal lebih bahaya s*n*p*n angin tp klo ktauan polisi malah gpp yg 4.5mm

soale sepanan anginnya ndak kayak punya densus betuknya :mrgreen:

clothworm
07-20-2010, 12:44 AM
yah mau debat gimana juga ada kepentingan sendiri kenapa airsoft digolongkan sebagai senpi/unit angin dan barang yang termasuk dibawah pengawasan kusus.

itu udah jadi komoditi. kalo dilegalkan ato diilegalkan, mau makan apa coba???
ibarat punya lahan gembur masak mau dibiarin jadi ladang ilalang?
memang sudah nasib kita aja memilih hobi salah di tempat yang salah, mau bilang apa coba, segimanapun kita menekankan hal2 yang baik, doktrin ke newbie yang positif2, tetep aja ngga mau tau, ini barang berbahaya, titik.
dan mau gak mau semua pehobi digeneralisasi sebagai orang biasa yang memiliki barang berbahaya, ada kemungkinan disalah gunakan, dsb.
walaupun tahu kita cuma hobi, dan pasti tahu, segoblok2 nya ga mungkin dong ngga bisa bedain replika sama yang asli. kita yang dipermainkan oleh hukum yang dibuat. apapun alasan kita, mau ngomong sampe busaan, kalo ditangkep ya tetep ditangkep, malah ga nutup kemungkinan kejadian ini udah digambar dari sononya.

anjing memang.

B4n6k3
07-20-2010, 02:00 AM
coba bawa mobilnya pelan2.... pasti ga curiga tuh pokisnya...... :doh: :doh:

prihatin sama om diatas.... 4 unit lagi.... :doh:

truelotus
07-20-2010, 08:57 AM
anjing memang.

GUK GUK GUK om .. !! :mrgreen: :mrgreen:

Aan aboed
07-20-2010, 09:01 AM
anjing memang.

GUK GUK GUK om .. !! :mrgreen: :mrgreen:

Wkwkwkwkwkwk...... guk guk yg birong, enak tuh kata temen ane... :D

Fendy Albertz
07-20-2010, 10:18 AM
memantau..
ditunggu info dan kejelasan kasus ini..
trims..
:text-bravo:

salam airsoft

mbahkut
07-20-2010, 05:25 PM
waduh..waduh... :think: piye toh iki,broder!?!? di beritanya gak disebutin ya ada brp orang dlm mobil kijang tsb. Petugas PJR seh baj*ngan kabeh...mobil gw pernah mogok dulu di tol, anjrit..bukannye dipanggil derek resmi malah derek liar.. :evil: Kalo gw seh pasti bakal bacot2an dulu tuh ama petugas PJR yang mao nyita, boleh aja sita asal ada argumen yg jelas knp ini bahaya(krn aeg dlm keadaan dikarung, tdk membahayakan siapa pun) kalo pun aeg dianggap ancaman bisa digunakan yg ora ilok ya tergantung dari orangnya juga, itu jg praduga versi polishit yg gk valid..tai burung juga kalo kena mata bisa bikin buta permanen (kl sebulan gak dicuci :mrgreen: ) selama aeg tidak digunakan utk nakut2in orang, gw rasa mereka gak berhak utk menyita.

Nih hadiah buat petugas PJR bernomor punggung 960 dan 912 :
:obscene-buttsway: :obscene-moneypiss: :orcs-buttshake:

burungtweety
07-21-2010, 01:16 PM
Ybs merupakan rekan saya dan baru pulang dari darmayuda.
sedikit kronologis cerita ybs.

ybs hendak dihentikan oleh PJR karena membawa karung untuk tempat jualan ybs, namun karena tempatnya yang gelap sehingga dia berusaha untuk mencari tempat yang terang. dan sama sekali TIDAK ADA AEG DIDALAM KARUNG!!!
saya tahu sekali, AEG dia ngga ada yang murah, so thats why ngga mungkin dia sekonyol itu memasukkan AEG mahal kedalam karung.

Karena yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan kartu perbakin, sehingga dia langsung dibawa ke TMC Polda.

Permasalahan ini sudah bisa teratasi dan ybs tidak ditahan.

Pelajaran dari kejadian ini adalah, ada baiknya kalo ada uang, mendaftarlah di perbakin. keanggotaan anda sedikit bisa membantu anda jika terjadi hal-hal yang demikian.
Memang, mainan adalah tetap mainan, namun jika aparat sudah mulai rese, bisa apa saudara dalam kondisi seperti itu?

Demikian sedikit pemberitahuan dari saya.

Donny Tweety

truelotus
07-21-2010, 01:47 PM
intinya tetep kan si aparat cari duit dengan mepet kita karena kita tidak melek hukum ... duh
mestinya kelompok airsofter ini urunan lah ... 50 ribuan, bikin wadah hukum, sewa mungkin bro anthon medan untuk membawahi komunitas airsoft ... duitnya lumayan loh kalo yang urunan banyak

dan kalo ada kasus seperti ini, bisa langsung telepon ybs ... kan enak, biar polisinya diceramahin hukum
plus kita sekalian langsung bilang, ini pengacara saya mau bicara dengan bapak ...

getoooooooooo

PS : selama keanggotaan dalam wadah hukum diatas tidak dibuat untuk hal yang melanggar hukum loh ya

satria120ru
07-21-2010, 02:03 PM
gw ada kartu, tp dari polres, sdh habis masa berlakunya lg :mrgreen:
yuk sharing soal kartu-kartu disini, mmg ada yg punya kartu perbakin, namun ada punya yg lain juga kan, pengen tau "kebijakan" tiap daerah

Aan aboed
07-21-2010, 02:07 PM
Ybs merupakan rekan saya dan baru pulang dari darmayuda.
sedikit kronologis cerita ybs.

ybs hendak dihentikan oleh PJR karena membawa karung untuk tempat jualan ybs, namun karena tempatnya yang gelap sehingga dia berusaha untuk mencari tempat yang terang. dan sama sekali TIDAK ADA AEG DIDALAM KARUNG!!!
saya tahu sekali, AEG dia ngga ada yang murah, so thats why ngga mungkin dia sekonyol itu memasukkan AEG mahal kedalam karung.

Karena yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan kartu perbakin, sehingga dia langsung dibawa ke TMC Polda.

Permasalahan ini sudah bisa teratasi dan ybs tidak ditahan.

Pelajaran dari kejadian ini adalah, ada baiknya kalo ada uang, mendaftarlah di perbakin. keanggotaan anda sedikit bisa membantu anda jika terjadi hal-hal yang demikian.
Memang, mainan adalah tetap mainan, namun jika aparat sudah mulai rese, bisa apa saudara dalam kondisi seperti itu?

Demikian sedikit pemberitahuan dari saya.

Donny Tweety

Nah, ternyata bener pulang dari Ops. Dharmayudha..... ditretnya Ops. Dharmayudha, tim dari kalimantan konfirm bukan mereka. Ternyata temen yang lain yang kena... lagian beritanya digede-gedin, moso dibilang lari, kenyataanya enggak. :angry-screaming:

Emang kudu punya kartu keanggotaan perbakin... ngurus ahh... :auto-sportbike:


intinya tetep kan si aparat cari duit dengan mepet kita karena kita tidak melek hukum ... duh
mestinya kelompok airsofter ini urunan lah ... 50 ribuan, bikin wadah hukum, sewa mungkin bro anthon medan untuk membawahi komunitas airsoft ... duitnya lumayan loh kalo yang urunan banyak

dan kalo ada kasus seperti ini, bisa langsung telepon ybs ... kan enak, biar polisinya diceramahin hukum
plus kita sekalian langsung bilang, ini pengacara saya mau bicara dengan bapak ...

getoooooooooo

PS : selama keanggotaan dalam wadah hukum diatas tidak dibuat untuk hal yang melanggar hukum loh ya
Memang kepastian hukumnya itu yang perlu... om.
Kayaknya ide si om bagus juga tuh... biar ersopter gak dikadalin ama aparat. :D

clothworm
07-23-2010, 12:44 AM
sok lah bayar 500rb setahun juga gak papa, ASAL dari pihak sono ngga cuma mewadahi (uang??) tapi juga memberi binaan kepada kita, jangan pura2 merem, "wah kita dapet instruksi dari atas seperti itu", "ini barang harus ada ijinnya", "anda memiliki unit ilegal". lantas bisa lempar tanggung jawab, seolah2 melaksanakan intruksi dari atasan.
memangnya kita bodoh apa? pasti tau kalo kita ngga mungkin pake buat nodong, dan kita juga tau kalo kaya beginian memang dijadiin duit sama oknum aparat, dengan membawa 1001 alesan hukum. jangan bacot bawa2 hukum, instruksi atasan, TR, SKEP, dll. kan bisa kasih kita upaya nyata, kalao memang niat nya mau mentertibkan, bisa pake cara halus, kita bisa baca, tulis, dan belajar, kan udah ada forum, kalo memang niat, bisa kan bikin perwakilan aja di forum ini??
bisa buka konsultasi ato trid seputar hukum, kedepannya juga kan bisa sama2 transparan, ada perwakilan dari 2 pihak dalam 1 meja, jadi ngga cuma atasan saya bilang, menurut hukum begini,yang ujung2 nya sita2 dan duit2...

Aan aboed
07-23-2010, 09:57 AM
sok lah bayar 500rb setahun juga gak papa, ASAL dari pihak sono ngga cuma mewadahi (uang??) tapi juga memberi binaan kepada kita, jangan pura2 merem, "wah kita dapet instruksi dari atas seperti itu", "ini barang harus ada ijinnya", "anda memiliki unit ilegal". lantas bisa lempar tanggung jawab, seolah2 melaksanakan intruksi dari atasan.
memangnya kita bodoh apa? pasti tau kalo kita ngga mungkin pake buat nodong, dan kita juga tau kalo kaya beginian memang dijadiin duit sama oknum aparat, dengan membawa 1001 alesan hukum. jangan bacot bawa2 hukum, instruksi atasan, TR, SKEP, dll. kan bisa kasih kita upaya nyata, kalao memang niat nya mau mentertibkan, bisa pake cara halus, kita bisa baca, tulis, dan belajar, kan udah ada forum, kalo memang niat, bisa kan bikin perwakilan aja di forum ini??
bisa buka konsultasi ato trid seputar hukum, kedepannya juga kan bisa sama2 transparan, ada perwakilan dari 2 pihak dalam 1 meja, jadi ngga cuma atasan saya bilang, menurut hukum begini,yang ujung2 nya sita2 dan duit2...

Betul itu oom.....
Pusing ngadepin yang kek gituan..... :doh: :doh:
Ini kan lantaran aparat banyak yang salah arti skep yang dikeluarkan... seperti yang pernah saya tanyakan ke om anthon medan ;

[spoiler=:2ul432oz]

Thread yang sangat bermanfaat.... :text-bravo: :text-bravo: :text-bravo: :text-bravo:

Bang anton, saya mau tanya nih...
Seringkali orang menegaskan bahwa setiap penggunaan airsoftgun atau memiliki airsoftgun, maka wajib mempunyai surat izin. Saya sudah dapat keterangan dari para sepuh airsoft ini bahwa tidak ada surat izin yang dikeluarkan dalam kepemilikan airsoftgun. Namun sisi lain ada yang menyatakan perlunya izin dalam hal kepemilikan dan penggunaan airsoftgun.
Sebagai contoh.... ada yang menjual surat sakti dari aparat TNI diberbagai forum airsoft dengan harga tertentu. Ditambah lagi dengan adanya yang melampirkan prosedur yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

[quote]
Prosedur Kepemilikan dan Penggunaan unit Mainan

Senin, 25 Agustus 2008

Perihal : Penjelasan tentang prosedur kepemilikan dan penggunaan unit mainan/airsoftgun


1. Rujukan :

a. Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004 tentang pengawasan dan pengendalian unit api dan amunisi non organik TNI / POLRI

b. Telegram Kapolri No. Pol. : TR/768/IV/2008 tanggal 10 April 2008 perihal wasdal peredaran unit mainan / air soft guns secara ilegal.

c. Nota Dinas Kabid Telematika Polda Jatim No. Pol. : B/ND-168/VI/2008/Bid Telematika tanggal 30 Juni 2008 tentang Pengaduan masyarakat.


2. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, terkait dengan prosedur perijinan kepemilikan dan penggunaan unit mainan / air soft guns disampaikan sbb:

a. Bahwa unit mainan / menyerupai unit api (air soft guns) digolongkan sebagai peralatan keamanan sebagaimana dimaksud Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep / 82 / II / 2004 tanggal 16 Februari 2004.

b. Dalam hal pemilikan dan penggunaan, pembawaan dan penyimpanan peralatan keamanan belum diatur dalam perundang-undangan atau ketentuan lainnya namun dilihat dari akibat penggunaannya dapat membayakan bagi keselamatan jiwa seseorang dan dapat digunakan untuk melakukan kejahatan, maka untuk kepemilikan dan penggunaannya diberlakukan seperti unit api.

c. Terhadap unit mainan / menyerupai unit api (air soft guns) dapat diberikan izin penggunaan dan pemilikan dan nomor registrasi diterbitkan oleh Kabid Yanmin Baintelkam Polri.

d. Terhadap unit mainan / menyerupai unit api (air soft guns) diberikan untuk peruntukan olahraga menembak target dan tidak diberikan untuk peruntukan bela diri.

e. Terhadap unit mainan / menyerupai unit api (air soft guns) yang telah mendapatkan izin penggunaan dna pemilikan dapat disimpan dirumah dengan surat izin penyimpanan dari Polda setempat.

f. Persyaratan kepemilikan dan penggunaan sebagai berikut :
a. Surat ijin import.
b. Rekomendasi Pengda Perbakin / club menembak.
c. Anggota Perbakin / club menembak.
d. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
e. Umur 18 s/d 65 tahun.
f. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar.

sumber : http://www.komisikepolisianindonesia.co ... =ruu&id=97 (http://www.komisikepolisianindonesia.com/main.php?page=ruu&id=97)


Jadi gimana menurut abang perihal surat diatas? Kalo saya merasa, kayaknya ini peraturan kayaknya sama dengan yang dibicarakan ditret sebelah ya.....

Mohon pencerahannya agar saya gak bingung lagi?


Tergantung pada kamu kembali...
Setelah melihat tata urutan UU yang ada, apakah kamu mengakui keberadaan SKep tersebut ?
Pada Dasarnya SKep tsb lebih mengarah kepada petunjuk teknis dilapangan kepada anggota aparat dilapangan, dimana kekuatan mengikatnya tentu saja sebatas pada aparat saja... bukan kita sebagai masyarakat umum.

Bahkan alasan dikeluarkannya SKep tersebut juga ga masuk nalar dan logika orang sehat..
Pertama : ersop digolongkan sebagai alat yang dpt membahayakan keselamatan jiwa manusia ? Jelas ga masuk akal khan? saya belum pernah mendengar ada unit ersop dipake buat menghilangkan nyawa orang, kalo unit sen*pan angin yg menggunakan mimis sebagai ******nya sih pernah. Lagi pula mainan kok bisa sbg alat yg mematikan ? Bagaimana dengan pisau dapur ? celurit ? cangkul ? bahkan balok kayu atau garpu sekalipun bisa dipergunakan sebagai alat untuk menghilangkan nyawa orang lain, apakah harus didaftarkan ? harus ada ijin penggunaan dan kepemilikan ? ga nalar khan ?

Kedua : Penggunaannya ersop dpt dipergunakan sebagai alat untuk melakukan kejahatan ? kenapa bisa mengambil kesimpulan seperti itu ? ya karena pihak mereka sendiri yg gagal mengontrol kepemilikan senj*ta api beneran, yg dikorbanin yang punya mainan ? kalo kamu punya ersop yg harga 10 rban atau 50 rban apakah maenanmu memiliki potensi dipergunakan sbg alat melakukan kejahatan ? Dan sama spt yg diatas apakah pisau dapur, celurit, cangkul, garpu tidak bisa dipergunakan sbg alat untuk melakukan kejahatan ? Sekedar share saja.. sewaktu saya SMA di kota Malang saya 2 kali ditodong oleh anak2 STM di Alun2 kota Malang dgn garpu yg ujungnya sudah diruncingkan. Apakah dengan demikian semua kepemilikan garpu harus didaftarkan dan hrs ada ijin penggunaan ? ha... ha... :D

Anggaplah kamu mengakui Skep tsb, dan kamu mau mendaftarkan unitmu, apakah kamu punya surat ijin impor utk unit ersopmu ? :lol: saya kira tidak, krn ijin impor biasanya menjadi urusan penjual ersop. Loh kalo gitu kenapa kok pengguna/pemilik yg di bebani ? Ada semboyan utk urusan birokrasi di negara kita, "kalo bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah ?"

Karena Skep ga punya kekuatan hukum, bukan berarti unit ersopmu ga bisa disita... krn kekuasaan aparat hampir tidak ada yg bisa mengontrol.. dan apabila itu terjadi saya sarankan agar kmu berjuang melawan scr hukum melalui jalur pengadilan.
Salam :text-bravo:[/quote:2ul432oz][/spoiler:2ul432oz]

So.... memang pusing kalo dah ada urusan dengan aparat plokis... :doh: :doh: :doh: :doh:

yudhanugrah
07-23-2010, 10:59 AM
makin pening ngliatnya...

pada hal konsepnya simple "karena mainan ini secara kasat mata mirip dengan unit api"
jd di gebyah uyah.. perlakuan sifat "membahayakan" kaya unit api.. :cry:

klo soal perlakuan carrying nya sih okelah setuju.. memang harus super extra bijak..

btw guy's deket mo masuk ramadhan insya Allah,, ane minta maaf atas khilaf2 selama nggrayang di bursa tercinta :D
dan hati2 sama operasi ketupat makin bijak bermain ma ersopnya masing2..

peace.

sonicboy
07-23-2010, 11:11 AM
Senior senior yang sudah punya kartu perbakin, mungkin bisa membantu kawan kawan ersopter yang betul betul untuk hoby dan bukan untuk kejahatan disini biar kita kita juga aman klo pas mau skirmish atau ke tempat service, mungkin ada baiknya dibuatkan thread khusus, bayar gak papa lah yang penting tenang bawanya daripada capek ngomong ma polkis

Aan aboed
07-23-2010, 11:20 AM
Senior senior yang sudah punya kartu perbakin, mungkin bisa membantu kawan kawan ersopter yang betul betul untuk hoby dan bukan untuk kejahatan disini biar kita kita juga aman klo pas mau skirmish atau ke tempat service, mungkin ada baiknya dibuatkan thread khusus, bayar gak papa lah yang penting tenang bawanya daripada capek ngomong ma polkis

Kek-nya bisa langsung urus ke Perbakin setempat deh bro.... Temen ane bilang sih gitu... dia urus sendiri ke Perbakin.
Kalo ane belum cukup doku ajah mo ngurusnya... :D

rockstar
07-23-2010, 01:44 PM
kalo emang mau aman, ya minimal harus ngantongin kartu perbakin....
ni aja gw lg dalam proses bikin kartu


@mas bowo
bantuin ane bikin kartu yah.....
thx

sonicboy
07-23-2010, 04:57 PM
[quote="rockstar"]kalo emang mau aman, ya minimal harus ngantongin kartu perbakin....
ni aja gw lg dalam proses bikin kartu


bikinnya berapa duit Om?

holysin
07-25-2010, 11:30 AM
wah itu sih kesalahan sendiri,jd ya tanggung sendiri akibatnya. :text-bravo:

braminator
07-25-2010, 12:18 PM
mau nanya juga niy..kira2 kalo diurus secara kolektif biaya nya bisa murah gak yah..
kayak bikin SIM gitu..?? ;)

rommy ramadona
07-25-2010, 01:20 PM
gara2 ini ane g bs sukir tkut kna razia...prgi sukir cma buat nongrong doang...

grgwjy
07-25-2010, 05:12 PM
Prosedur Kepemilikan Dan Penngunaan ******* Mainan Airsoft Gun http://aldiavanza.blogspot.com/2009/06/ ... njata.html (http://aldiavanza.blogspot.com/2009/06/prosedur-kepemilikan-penggunaan-*******.html)

:D :D :D PROSEDUR NGACO :D :D :D

1. Rujukan :
1. Tak beralasan ... itukan rujukan buat keamanan transportasi udara ... karena transpotasi udara sangat rawan jika ada gangguan, maka material2 (sebagai contoh : ******* mainan airsoft [bisa buat membajak - nakut2in ;) ], gas co/co2 yang bisa meletup) yg bisa mengganggu unit transportasi (pesawat, heli dsb) dilarang diangkut dengan transpotasi udara ... sedangkan airsoft disita, ditemukan pada transportasi darat.
2. Tak logis .... pemilik airsoft belum tentu IMPORTIR ... jika ada pelanggaran impor, penjual yang harus ditangkap bukan pemilik ... kecuali barang yang dimiliki pemilik didapatkan dari importir dengan cara memesan langsung secara pribadi dan tidak memiliki ijin impor. Dan menurut aturan impor jika kita memasukkan (mengimpor) barang dr LN tanpa membayar bea masuk (pajak impor), dan apabila barang tsb kita jual dan membayar pajak PPN, maka secara otomatis barang tsb tidak dianggap illegal import.
3. Alasannya bisa aja .... pengaduan tentang penyalahgunaan ******* tajam (pisau) hampir tiap polsek setinggi gunung ... kalo satu dua pengaduan tentang airsoft yang salah digunakan sudah harus dilarang ... harusnya PABRIK pisau dapur ditutup semua.

Kerana rujukan pada No. 1 udah ngak bener maka No. 2 apa lagi ..... :D :D :D

SnakePHYTON
07-25-2010, 05:53 PM
gara2 ini ane g bs sukir tkut kna razia...prgi sukir cma buat nongrong doang...
la elah....selama bisa lu jelasin kenapa takut? gua aja kalau maen naik motor ga sebegitunya....cuma kalau memang jauh ya bawa mobil....pernah ada polisi yang stop mobil gua (tahun 2008), percakapan yang masih gua ingat:
Pak pol: "bawa apa dibelakang?"
Gua: "bawa airsoft pak"
Pak pol: "ada izinnya ga?"
Gua: "lah mainan koq pake izin pak?"
Pak Pol: <ngeyel> "mesti ada izinnya karena mirip sama senapan asli"
Gua: "ya memang kalau sekilas mirip pak, tapi khan saya masukin tas, ga kelihatan dari luar...lagian kalau bapak ga percaya boleh dilihat (gua keluarin terus liatin mag, bb ama replika rifle nya, terus tunjukin mekanismenya)"
Pak Pol: <masih ngeyel juga> "kalau ga ada izin ini bisa saya sita"
Gua: "lho pak, dasar sitanya apa? memang saya pertontonkan di depan umum? tidak, saya todongin ke orang? tidak, jadi dasarnya apa?"
Pak Pol: <Masih ngeyel> "tapi ini khan berbahaya, bisa melukai"
Gua: "Lah...melukai gimana pak, lebih berbahaya senapan angin dibanding ini pak (sambil nunjukin pelor BB), sekarang senapan angin aja yang jelas2 berbahaya ga pakai izin, masa mainan yang ga berbahaya kayak gini pakai izin?"
Pak Pol: "............ya sudah kali ini engga apa-apa, lain x disimpan baik2 dan jangan ditunjukin ke orang ya dek".
Gua: "...............<mangkel>"

Airsoft bukan alat bela diri, airsoft hanya mainan, oleh karena itu mari kita selalu memastikan airsoft kita selalu di dalam tas saat dibawa ke area permainan dan tidak disimpan di dalam mobil dalam keadaan terbuka.

grgwjy
07-25-2010, 07:25 PM
Supaya airsoft ngak terlalu keliatan seperti asli atau replika dari yang asli ... ada baiknya 50% permukaan airsoft diberi warna yang mencolok (agar betul2 keliatan sebagai mainan). Jadi pada waktu terjadi razia diliat sepintas aja udah ketahuan mainan ... jadi ngak ada alasan logis bisa digunakan sebagai alat bela diri atau kejahatan, karna ngak buat orang lain takut. Kalo polis-na masih rewel buktiin sendiri ama pak polis, gunakan airsoft buat nodong orang lewat ... pasti yang ditodong :D :D :D :D

G.I. Joe
07-25-2010, 10:33 PM
Nambahin share pengalaman, tapi ini yang ngalamin temen ane.

Pulang sukir dari Mall Taman Palem (tau ndiri kan dulu sukir disana mulai jam 10 malem bisa sampe jam 3 pagi baru kelar).

Temen gue pulang naik phanter ke kost nya di Grogol, pas di daan mogot selepas jembatan gantung ada razia polisi.
Temen gue kena stop, trus periksa sim, stnk, dan ktp sama seorang petugas, sedangkan seorang petugas lainnya nyorot-nyorot senter kedalem mobil.
Nah dibelakang ada gunbag sama BDU dan vest temen ane, si petugas nanya "Apaan itu yang dibelakang mas?"
Temen saya jawab dalam logat jawa dengan kalem sambil cengar-cengir santai : "bedil-bedilan" (pist*l-pist*lan).
Polisinya tanya : "abis maen dimana?", temen saya jawab dengan santai "Mall taman palem"...........
Trus gak pake macem-macem surat-surat temen saya dibalikin dan disuruh melanjutkan perjalanan.

Intinya : kita harus tenang dalam menghadapi petugas. Kita gak bawa barang illegal kok, jadi gak usah panik duluan kalo di stop petugas.
Petugas yang terlatih bisa mendeteksi apakah seseorang dalam keadaan tenang santai atau dalam keadaan gugup / gelisah.
Nah kalo kita tenang dan santai maka petugas tidak akan mencurigai kita macam-macam.
Tapi kalo kita sudah gelisah duluan maka petugas dengan naluri polisi nya akan mulai menanyai kita macam-macam, malah tidak menutup kemungkinan mobil kita bisa digeledah.

DTSmobile
07-30-2010, 02:52 PM
gara2 ini ane g bs sukir tkut kna razia...prgi sukir cma buat nongrong doang...
la elah....selama bisa lu jelasin kenapa takut? gua aja kalau maen naik motor ga sebegitunya....cuma kalau memang jauh ya bawa mobil....pernah ada polisi yang stop mobil gua (tahun 2008), percakapan yang masih gua ingat:
Pak pol: "bawa apa dibelakang?"
Gua: "bawa airsoft pak"
Pak pol: "ada izinnya ga?"
Gua: "lah mainan koq pake izin pak?"
Pak Pol: <ngeyel> "mesti ada izinnya karena mirip sama unit asli"
Gua: "ya memang kalau sekilas mirip pak, tapi khan saya masukin tas, ga kelihatan dari luar...lagian kalau bapak ga percaya boleh dilihat (gua keluarin terus liatin mag, bb ama replika rifle nya, terus tunjukin mekanismenya)"
Pak Pol: <masih ngeyel juga> "kalau ga ada izin ini bisa saya sita"
Gua: "lho pak, dasar sitanya apa? memang saya pertontonkan di depan umum? tidak, saya todongin ke orang? tidak, jadi dasarnya apa?"
Pak Pol: <Masih ngeyel> "tapi ini khan berbahaya, bisa melukai"
Gua: "Lah...melukai gimana pak, lebih berbahaya unit angin dibanding ini pak (sambil nunjukin pelor BB), sekarang unit angin aja yang jelas2 berbahaya ga pakai izin, masa mainan yang ga berbahaya kayak gini pakai izin?"
Pak Pol: "............ya sudah kali ini engga apa-apa, lain x disimpan baik2 dan jangan ditunjukin ke orang ya dek".
Gua: "...............<mangkel>"

Airsoft bukan alat bela diri, airsoft hanya mainan, oleh karena itu mari kita selalu memastikan airsoft kita selalu di dalam tas saat dibawa ke area permainan dan tidak disimpan di dalam mobil dalam keadaan terbuka.


Nambahin share pengalaman, tapi ini yang ngalamin temen ane.

Pulang sukir dari Mall Taman Palem (tau ndiri kan dulu sukir disana mulai jam 10 malem bisa sampe jam 3 pagi baru kelar).

Temen gue pulang naik phanter ke kost nya di Grogol, pas di daan mogot selepas jembatan gantung ada razia polisi.
Temen gue kena stop, trus periksa sim, stnk, dan ktp sama seorang petugas, sedangkan seorang petugas lainnya nyorot-nyorot senter kedalem mobil.
Nah dibelakang ada gunbag sama BDU dan vest temen ane, si petugas nanya "Apaan itu yang dibelakang mas?"
Temen saya jawab dalam logat jawa dengan kalem sambil cengar-cengir santai : "bedil-bedilan" (pist*l-pist*lan).
Polisinya tanya : "abis maen dimana?", temen saya jawab dengan santai "Mall taman palem"...........
Trus gak pake macem-macem surat-surat temen saya dibalikin dan disuruh melanjutkan perjalanan.

Intinya : kita harus tenang dalam menghadapi petugas. Kita gak bawa barang illegal kok, jadi gak usah panik duluan kalo di stop petugas.
Petugas yang terlatih bisa mendeteksi apakah seseorang dalam keadaan tenang santai atau dalam keadaan gugup / gelisah.
Nah kalo kita tenang dan santai maka petugas tidak akan mencurigai kita macam-macam.
Tapi kalo kita sudah gelisah duluan maka petugas dengan naluri polisi nya akan mulai menanyai kita macam-macam, malah tidak menutup kemungkinan mobil kita bisa digeledah.

the most valuable share so far klo menurut hamba yang nubi. :text-bravo:
sudah banyak yang nulis pengetahuan yang wajib di ketahui oleh ersopter Indonesia mengenai peraturan perundang2an. baik di sini maupun di tetangga sebelah sampai efbi.
tapi masih sedikit yang share tentang pengetahuan mengenai "Human Resources", tentang bagaimana bersikap dibawah tekanan, :seperti yang kedua agan ini share ketika menghadapi 'tekanan' yang tidak jelas: (dimana nubi sendiri mungkin belum tentu bisa bersikap seperti ini), bagaimana berlaku dan bersikap dalam hobi yang dicintai ini dan bersikap secara dewasa.

watanabe
07-30-2010, 10:26 PM
lo ga ngerasa bersalah ngapain pake kabuuur(baca ngebut),
bener tuh antisipasi pjr.
tp ga buleh asal borgol yg bawa aersop :angelic-blueglow:

Nicolai_G
07-30-2010, 11:27 PM
^
Sabar bro, penjelasan untuk kasus ini ada di page 2. Mohon dibaca dulu :text-bravo:

grayfoxx
08-24-2010, 02:26 PM
Supaya airsoft ngak terlalu keliatan seperti asli atau replika dari yang asli ... ada baiknya 50% permukaan airsoft diberi warna yang mencolok (agar betul2 keliatan sebagai mainan). Jadi pada waktu terjadi razia diliat sepintas aja udah ketahuan mainan ... jadi ngak ada alasan logis bisa digunakan sebagai alat bela diri atau kejahatan, karna ngak buat orang lain takut. Kalo polis-na masih rewel buktiin sendiri ama pak polis, gunakan airsoft buat nodong orang lewat ... pasti yang ditodong :D :D :D :D



salah satu alasan byk yg suka ersop kan karena mirip unit beneran. tapi memang secara aturan di beberapa negara muzzle nya di warnai oranye utk menandakan ini tidak mematikan (non lethal). itu aja masih byk yang di cat item lagi hehehe..

kl bawa m4 popor oranye dan receiver kuning nanti kl kismis bisa jadi sasaran tembak :mrgreen: