PDA

View Full Version : apa harus seseorang yang mempunyai Airsoft Gun mempunyai KTA PERBAKIN???



zygma86
03-23-2012, 01:32 AM
salam hangat selalu untuk para Airsofter

saya mau share sedikit tentang kejadian yang menimpa saya....tadi pagi tanggal 22 maret 2012 saya dipanggil sama kasat intel Polres kab.sumedang jawa barat tentang kepemilikan airsoft gun dan tentang izin club airsoft gun di kota saya,saya di kasih beberapa pertanyaan tentang airsoft gun dan kegiatan club airsoft gun yang sekarang lg saya rintis perijinannya,yang mau saya tanyakan :

1. apakah seseorang yg mempunyai airsoftgun harus masuk ke club shoting seperti LODAYA atau PERBAKIN???soalnya kasat intel dikota saya menyarankan saya daftar masuk anggota LODAYA SHOTING CLUB.
2. legalitas perijinan club airsoftgun harus mengantongi ijin dari POLRI atau TNI???
3. apakah kita wajib membayar iuran kepada aparat POLRI atau TNI???

mungkin segitu dulu pertanyaan dari saya,mohon dukungan dan masukannya dari brother2 dan para suhu2 yang lebih tau tentang airsoftgun.

terima kasih.
salam airsofter

totabuan
04-18-2012, 08:59 AM
Siapa bilang Airsoft tidak legal dan dilarang? Negara Indonesia adalah negara HUKUM, setiap warga negara wajib taat pada hukum yang berlaku. Penggunaan/pemilikan dan jual beli airsoft di luar negeri yang katanya bebas, tetap ada peraturan yang mengaturnya. Termasuk Amerika yang notabene katanya bebas, tetap ada aturan yang mengikat para airsofter. Di Indonesia sudah di"legal"kan dengan catatan harus mengikuti semua aturan yang tercantum dalam PERKAP (Peraturan Kapolri) Nomor 8 Tahun 2012 Tentang PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN ******* API UNTUK KEPENTINGAN OLAHRAGA. Karena disebutkan didalamnya bahwa Airsoft adalah salahsatu bagian dari olahraga menembak (tembak reaksi) di bawah PERBAKIN, maka semua aturan yang tertulis dalam Perkap tersebut sudah tercantum mulai dari tata cara pembelian, penggunaan, hibah, sampai pemusnahan dll. Jadi kalau mau Airsoft anda LEGAL...mau tidak mau kita harus ikut aturan. Mohon maaf jika ada kekeliruan...Terima kasih. BRAVO AIRSOFT INDONESIA

anjinggragas
04-19-2012, 02:44 PM
jadi intinya kita tetap harus terdaftar di klub yg resmi anggota perbakin gitu ya mas..??

terus apa yang bisa kita jadikan pembelaan ketika misalnya kita tertangkap tangan membawa unit dalam perjalanan menuju tempat skirmish. apakah klub atau bahkan PERBAKIN tersebut memberikan semacam kartu lisensi membawa unit airsoft..?

soalnya tidak menutup mata, masih ada kan oknum2 aparat yg ga mau tau soal ada lisensi atau tidak.. pokoknya klihatan membawa barang2 seperti itu langsung di tangkap...

mohon maaf kalau ada kata2 yg salah..

totabuan
04-25-2012, 11:21 PM
Jika Anda baca isi aturan dalam Perkap tersebut, jelas disebutkan bahwa pemilik airsoftgun harus terdaftar pada sebagai anggota club menembak dan merupakan anggota Perbakin...itu jelas! Dalam Perkap juga disebutkan tujuan pemilikan airsoftgun adalah semata-mata untuk olahraga menembak (Tembak Reaksi), tidak disebutkan untuk kegiatan yang lain (skirmish/wargame). Jadi bijak-bijaklah dengan airsoft Anda dan sebaiknya didaftarkan kepemilikannya mulai dari Pengda Perbakin hingga ke pihak aparat berwenang. Dengan demikian Anda bisa lebih "save" dan nyaman membawa airsoftgun ke tempat latihan tembak reaksi karena telah jelas disebutkan dalam Perkap bahwa airsoft bukan mainan, dan harus diperlakukan selayaknya ******* api. Mau legal...ikuti aturannya...mohon maaf jika keliru, terima kasih.

anjinggragas
04-26-2012, 09:32 AM
ok.. RULE is no 1 ya om.. setuju...


haduh.. dimana ya club resmi yg deket tempat tinggal saya... hehehehe:):)

totabuan
04-27-2012, 06:08 PM
Biasanya setiap Provinsi sudah memiliki kepengurusan Pengda Perbakin, coba cek di situs: www.perbakin.or.id sesuaikan dengan posisi dimana Anda tinggal coba cek si situs tersebut apakah daerah Anda sudah ada pengurusnya atau belum. Kalau sudah ada coba ke alamat sekretariat Perbakin setempat dan ajukan diri untuk mendaftar sebagai anggota Perbakin dengan memenuhi persyaratannya seperti: foto copy KTP, SKCK dari Polres setempat, Pas photo warna latar belakang merah dll. Terima kasih...

anjinggragas
04-28-2012, 06:20 PM
ok om.. terima kasih infonya

trueblue
05-24-2012, 11:32 AM
Jika Anda baca isi aturan dalam Perkap tersebut, jelas disebutkan bahwa pemilik airsoftgun harus terdaftar pada sebagai anggota club menembak dan merupakan anggota Perbakin...itu jelas! Dalam Perkap juga disebutkan tujuan pemilikan airsoftgun adalah semata-mata untuk olahraga menembak (Tembak Reaksi), tidak disebutkan untuk kegiatan yang lain (skirmish/wargame). Jadi bijak-bijaklah dengan airsoft Anda dan sebaiknya didaftarkan kepemilikannya mulai dari Pengda Perbakin hingga ke pihak aparat berwenang. Dengan demikian Anda bisa lebih "save" dan nyaman membawa airsoftgun ke tempat latihan tembak reaksi karena telah jelas disebutkan dalam Perkap bahwa airsoft bukan mainan, dan harus diperlakukan selayaknya ******* api. Mau legal...ikuti aturannya...mohon maaf jika keliru, terima kasih.

maaf gan mau tanya berhubung masih awam hehe :
- apakah perkap bisa digunakan oleh kepolisian untuk menahan seseorang yang membawa/memiliki airsoftgun, hanya karena kebetulan kedapatan sedang membawa/memiliki saja tanpa sedang tertangkap tangan sedang melakukan perbuatan kriminal / pidana / perbuatan tidak menyenangkan (alias sedang membawa airsoft dari rumah ke lokasi bermain atau tempat latihan dan sebaliknya).

thanks.

Banditos
08-03-2012, 02:17 PM
maaf gan mau tanya berhubung masih awam hehe :
- apakah perkap bisa digunakan oleh kepolisian untuk menahan seseorang yang membawa/memiliki airsoftgun, hanya karena kebetulan kedapatan sedang membawa/memiliki saja tanpa sedang tertangkap tangan sedang melakukan perbuatan kriminal / pidana / perbuatan tidak menyenangkan (alias sedang membawa airsoft dari rumah ke lokasi bermain atau tempat latihan dan sebaliknya).

thanks.

Betul bisa, karena kmrn saya juga berkoordinasi dengan pihak dari DITINTELKAM POLDA METRO JAYA, bahwa PERKAP 8/2012 sebagai landasan hukum dapat kita sebut seperti JUKLAK (PEtunjuk pelaksanaan) ttg penanganan ******* api, angin dan atau airsoft dengan mengacu kepada UU drt No 12 tahun 1951..

Pertanyaan truelotus saya jawab "sangat bisa sekali" bahkan ketika anda dirumahpun kemudian digeledah dan terdapat unit airsoft dirmh anda, sudah cukuplah bukti permulaan untuk menangkap anda, dan yang saya diberitahu langsung oleh DITINTELKAM POLDA metro jaya, beberapa tersangka yang tertangkap tangan membawa unit arisoft tanpa ijin bahkan berkas perkaranya sudah lengkap alias P.21 dan siap disidangkan...

mari sama2 kita cermati peraturan ini dengan baik, koordinasii dengan pihak INTELKAM, PERBAKIN adalah solusi yang terbaik...

Unit ini bisa digunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, jadi sudah kewajiban kita bersama untuk tunduk dan patuh terhadap peraturan ini, ayolahhh ini kan bukan hobi orang susah sooo.................uruslah ijinnya, masa kita sanggup beli atau bahkan membangun unit dengan harga belasan juta, kita tidak sanggup buat ijin.....

Saya bisa menjawab karena tahu betul dengan situasi dan kondisi mengenai adanya perkap ini karena saya kebetulan adalah praktisi hukum :)

Administrator
08-03-2012, 02:28 PM
itu trueblue bukan truelotus, tar si lotus itu keselek biji bunga matahari lho.

zygma86
08-03-2012, 03:21 PM
itu trueblue bukan truelotus, tar si lotus itu keselek biji bunga matahari lho.

hihihihi....om Admin bise aje :-D

trueblue
08-06-2012, 12:17 AM
Betul bisa, karena kmrn saya juga berkoordinasi dengan pihak dari DITINTELKAM POLDA METRO JAYA, bahwa PERKAP 8/2012 sebagai landasan hukum dapat kita sebut seperti JUKLAK (PEtunjuk pelaksanaan) ttg penanganan ******* api, angin dan atau airsoft dengan mengacu kepada UU drt No 12 tahun 1951..

Pertanyaan truelotus saya jawab "sangat bisa sekali" bahkan ketika anda dirumahpun kemudian digeledah dan terdapat unit airsoft dirmh anda, sudah cukuplah bukti permulaan untuk menangkap anda, dan yang saya diberitahu langsung oleh DITINTELKAM POLDA metro jaya, beberapa tersangka yang tertangkap tangan membawa unit arisoft tanpa ijin bahkan berkas perkaranya sudah lengkap alias P.21 dan siap disidangkan...

mari sama2 kita cermati peraturan ini dengan baik, koordinasii dengan pihak INTELKAM, PERBAKIN adalah solusi yang terbaik...

Unit ini bisa digunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, jadi sudah kewajiban kita bersama untuk tunduk dan patuh terhadap peraturan ini, ayolahhh ini kan bukan hobi orang susah sooo.................uruslah ijinnya, masa kita sanggup beli atau bahkan membangun unit dengan harga belasan juta, kita tidak sanggup buat ijin.....

Saya bisa menjawab karena tahu betul dengan situasi dan kondisi mengenai adanya perkap ini karena saya kebetulan adalah praktisi hukum :)

ya bro saya cukup sepakat, krn memang uu darurat thn '51 juga nyebut begini :

Menurut ordonansi ******* Api tahun 1939 jo UU Darurat No.12 Tahun 1951, ******* api termasuk juga :
1. Bagian-bagian dari ******* api
2. Meriam-meriam dan vylamen werpers (penyembur api) termasuk bagiannya
3. *******-******* tekanan udara dan tekanan per dengan tanpa mengindahkan kalibernya
4. Slachtpistolen (pistol penyembeli/pemotong)
5. Sein pistolen (pistol isyarat)
6. ******* api imitasi seperti alarm pistolen (pistol tanda bahaya), start revolvers (revolver perlombaan), shijndood pistolen (pistol suar), schijndood revolvers (revolver suar) dan benda-benda lainnya yang sejenis itu, yang dapat dipergunakan untuk mengancam atau menakuti, begitu pula bagian-bagiannya.

Khususnya yg nomer 3. Rawan juga ya.

Thanks utk pencerahannya :)

stevenlo1996
11-27-2012, 11:07 AM
saya aliran skirmish , perbakin mengatur IPSC.... bukan skirmish, gimana nih?

truelotus
11-27-2012, 01:26 PM
Betul bisa, karena kmrn saya juga berkoordinasi dengan pihak dari DITINTELKAM POLDA METRO JAYA, bahwa PERKAP 8/2012 sebagai landasan hukum dapat kita sebut seperti JUKLAK (PEtunjuk pelaksanaan) ttg penanganan ******* api, angin dan atau airsoft dengan mengacu kepada UU drt No 12 tahun 1951..

Pertanyaan truelotus saya jawab "sangat bisa sekali" bahkan ketika anda dirumahpun kemudian digeledah dan terdapat unit airsoft dirmh anda, sudah cukuplah bukti permulaan untuk menangkap anda, dan yang saya diberitahu langsung oleh DITINTELKAM POLDA metro jaya, beberapa tersangka yang tertangkap tangan membawa unit arisoft tanpa ijin bahkan berkas perkaranya sudah lengkap alias P.21 dan siap disidangkan...

mari sama2 kita cermati peraturan ini dengan baik, koordinasii dengan pihak INTELKAM, PERBAKIN adalah solusi yang terbaik...

Unit ini bisa digunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, jadi sudah kewajiban kita bersama untuk tunduk dan patuh terhadap peraturan ini, ayolahhh ini kan bukan hobi orang susah sooo.................uruslah ijinnya, masa kita sanggup beli atau bahkan membangun unit dengan harga belasan juta, kita tidak sanggup buat ijin.....

Saya bisa menjawab karena tahu betul dengan situasi dan kondisi mengenai adanya perkap ini karena saya kebetulan adalah praktisi hukum :)

neh baru gw truelotus yang nongol

ini diskusi ya bro ... setahu saya dan rekan saya yang juga praktisi hukum dan sudah mau jadi Doktor, PERKAP tidak memiliki dasar hukum kuat untuk mengambil hak warga negara, kecuali jika warga negara itu melanggar hukum, misalnya airsoft dipake ngerampok

UU darurat mengatur mengenai ******* API

UU darurat 1951 bahkan mengakomodasi senpi asli yang dibuat tidak berfungsi (deactivated weapons)

Yang dimaksudkan dengan pengertian s3njata api dan amun1si termasuk juga segala barang sebagaimana diterangkan dalam pasal 1 ayat 1 dari Peraturan S3njata Api (Vuurwapenregeling : in-, uit-, doorvoer en lossing) 1936 (Stbl. 1937 No. 170), yang telah diubah dengan Ordonnantie tanggal 30 Mei 1939 (Stbl. No. 278), tetapi tidak termasuk dalam pengertian itu s3njata-s3njata yang nyata-nyata mempunyai tujuan sebagai barang kuno atau barang yang ajaib (merkwaardigheid), dan bukan pula sesuatu s3njata yang tetap tidak dapat terpakai atau dibikin sedemikian rupa sehingga tidak dapat dipergunakan.

kalau mengikuti perkap dan didasarkan UU ini mah, maka

(1) Barang siapa yang tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima, mencoba memperolehnya, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu s3njata pemukul, ******* penikam, atau s3njata penusuk (slag-, steek-, of stootwapen), dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.

(2) Dalam pengertian s3njata pemukul, s3njata penikam atau s3njata penusuk dalam pasal ini, tidak termasuk barang-barang yang nyata-nyata dimaksudkan untuk dipergunakan guna pertanian, atau untuk pekerjaan-pekerjaan rumah tangga atau untuk kepentingan melakukan dengan syah pekerjaan atau yang nyata-nyata mempunyai tujuan sebagai barang pusaka atau barang kuno atau barang ajaib (merkwaardigheid).

forum pisau di kaskus tutup aje dah ... anda2 yang punya bayonet, koleksi pisau selain pisau dapur dan taat hukum tetap akan dapat digulung oleh polisi
punya pentungan karet aja bukan hansip bisa kena loh

bukannya peraturan ini dibuat untuk melindungi warga negara ?? bukan semena-mena ??

saya nanya dari duluuuuuuuu gak ada yang berani jawab ...

kekuatan hukum PERKAP itu sejauh mana ?? kenapa kalau airsofter taat yang ketangkep pasalnya hanya "tidak ada ijin impor" ?? mana tuh UU daruratnya ??

justau
12-01-2012, 04:17 AM
kayaknya sudah pada males komentar yah dengan pertanyaan seperti ini..
biasanya rame..hehe
yang pasti banyak yang menunggu kapan kah Skirmis bisa dilegalkan..
humm...hope secepatnya.

Agent_r4n
12-03-2012, 01:53 PM
Betul bisa, karena kmrn saya juga berkoordinasi dengan pihak dari DITINTELKAM POLDA METRO JAYA, bahwa PERKAP 8/2012 sebagai landasan hukum dapat kita sebut seperti JUKLAK (PEtunjuk pelaksanaan) ttg penanganan ******* api, angin dan atau airsoft dengan mengacu kepada UU drt No 12 tahun 1951..

Pertanyaan truelotus saya jawab "sangat bisa sekali" bahkan ketika anda dirumahpun kemudian digeledah dan terdapat unit airsoft dirmh anda, sudah cukuplah bukti permulaan untuk menangkap anda, dan yang saya diberitahu langsung oleh DITINTELKAM POLDA metro jaya, beberapa tersangka yang tertangkap tangan membawa unit arisoft tanpa ijin bahkan berkas perkaranya sudah lengkap alias P.21 dan siap disidangkan...

mari sama2 kita cermati peraturan ini dengan baik, koordinasii dengan pihak INTELKAM, PERBAKIN adalah solusi yang terbaik...

Unit ini bisa digunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, jadi sudah kewajiban kita bersama untuk tunduk dan patuh terhadap peraturan ini, ayolahhh ini kan bukan hobi orang susah sooo.................uruslah ijinnya, masa kita sanggup beli atau bahkan membangun unit dengan harga belasan juta, kita tidak sanggup buat ijin.....

Saya bisa menjawab karena tahu betul dengan situasi dan kondisi mengenai adanya perkap ini karena saya kebetulan adalah praktisi hukum :)

oooh, gitu
berarti R-soft bukan mainan sembarangan yah?!?!
sayang sekali klo udah bangun sampe puluhan juta dan berakhir dengan surat penyitaan
klo boleh tanya2 dikit, jasa pengurusan persuratan yang banyak di internet itu kira2 asli g yah? entar udah bayar mahal tiba2 aspal

warlock
12-04-2012, 07:31 AM
neh baru gw truelotus yang nongol

ini diskusi ya bro ... setahu saya dan rekan saya yang juga praktisi hukum dan sudah mau jadi Doktor, PERKAP tidak memiliki dasar hukum kuat untuk mengambil hak warga negara, kecuali jika warga negara itu melanggar hukum, misalnya airsoft dipake ngerampok

UU darurat mengatur mengenai ******* API

UU darurat 1951 bahkan mengakomodasi senpi asli yang dibuat tidak berfungsi (deactivated weapons)

Yang dimaksudkan dengan pengertian s3njata api dan amun1si termasuk juga segala barang sebagaimana diterangkan dalam pasal 1 ayat 1 dari Peraturan S3njata Api (Vuurwapenregeling : in-, uit-, doorvoer en lossing) 1936 (Stbl. 1937 No. 170), yang telah diubah dengan Ordonnantie tanggal 30 Mei 1939 (Stbl. No. 278), tetapi tidak termasuk dalam pengertian itu s3njata-s3njata yang nyata-nyata mempunyai tujuan sebagai barang kuno atau barang yang ajaib (merkwaardigheid), dan bukan pula sesuatu s3njata yang tetap tidak dapat terpakai atau dibikin sedemikian rupa sehingga tidak dapat dipergunakan.

kalau mengikuti perkap dan didasarkan UU ini mah, maka

(1) Barang siapa yang tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima, mencoba memperolehnya, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu s3njata pemukul, ******* penikam, atau s3njata penusuk (slag-, steek-, of stootwapen), dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.

(2) Dalam pengertian s3njata pemukul, s3njata penikam atau s3njata penusuk dalam pasal ini, tidak termasuk barang-barang yang nyata-nyata dimaksudkan untuk dipergunakan guna pertanian, atau untuk pekerjaan-pekerjaan rumah tangga atau untuk kepentingan melakukan dengan syah pekerjaan atau yang nyata-nyata mempunyai tujuan sebagai barang pusaka atau barang kuno atau barang ajaib (merkwaardigheid).

forum pisau di kaskus tutup aje dah ... anda2 yang punya bayonet, koleksi pisau selain pisau dapur dan taat hukum tetap akan dapat digulung oleh polisi
punya pentungan karet aja bukan hansip bisa kena loh

bukannya peraturan ini dibuat untuk melindungi warga negara ?? bukan semena-mena ??

saya nanya dari duluuuuuuuu gak ada yang berani jawab ...

kekuatan hukum PERKAP itu sejauh mana ?? kenapa kalau airsofter taat yang ketangkep pasalnya hanya "tidak ada ijin impor" ?? mana tuh UU daruratnya ??

setuju bgt Bro....singkat kata,yg namanya brg apa pun,mulai dr yg mematikan sampai yg keliatan nya sepele,kl ada di tangan2 oknum tdk bertanggung jawab,bisa menjadi berbahaya.contoh: batu di pinggir jalan,nda berbahay atau pun mengganggu,tp kl diambil trs dipukulin ke kepala org atau anggota badan yg lain dan menyebabkan luka/pendarahan.yg ditindak kan tindakan oknum nya,apa jgn2 ntar batu nya dilarang jg.....
airsoft bisa koq dipake buat bunuh org,ambil aja airsoft yg full metal,hantamin sekeras keras nya ke kepala org,dijamin mampus tu org,pisau dapur pun kl mau buat bunuh org jg bisa,apa aja lah bisa buat melukai atau membunuh org.tangan kosong pun bisa,yg penting niat nya mau apa.
"mind is the real weapon....gun,knives,bomb are juat tools that cannot move bu it's own"

fiatlux
12-04-2012, 06:22 PM
Keep Calm & Smile...


:character-oldtimer:

warlock
12-05-2012, 08:55 PM
Keep Calm & Smile...


:character-oldtimer:

yup...and keep low profile